Friday, March 4, 2011

Membuat Facebook Comment Form di Wordpress

Sekedar iseng-iseng membuat kotak komentar facebook pada BLOG WORDPRESS saya. Pada awalnya saya berfikir membuat comment form di wordpress rumit seperti Membuat Facebook Comment Form di Blogspot seperti artikel tutorial yang pernah saya tulis sebelumnya.

Gimana kalau langsung aja kita bahas cara membuat nya? Biar jariku gak pegel-pegel tutorialnya di bahas secara singkat aja ya. Langsung step by step. jika teman-teman nantinya gagal menggunakan trik ini bisa bertanya langsung ke saya, oke, berikut langkah-langkah Membuat Facebook Comment Form di Wordpress :
  1. Download dulu plugin Facebook Comments for WordPress di http://wordpress.org/extend/plugins/facebook-comments-for-wordpress/ lalu simpan di komputer anda. Bisa juga lagsung melalui plugin search ketikkan " facebook comments for wordpress "
  2. Login dulu di akun Facebook anda
  3. masuk ke dashboard blog WP anda.
  4. Klik menu plugin —> Add new
  5. Klik upload, dan browse plugin dimana anda menyimpan sebelumnya.
  6. klik “instal now” Selajutnya klik “Activate Plugin”
  7. Klik “set your application ID now” pada bagian atas untuk menseting plugin tersebut.
  8. Klik kanan pada “ Facebook application page” buka pada baru (open link in new tab) dan anda akan dihubungkan dengan akun Facebook anda. izinkan aplikasi.
  9. Copy kode ID Aplikasi (Application ID)  anda biasanya berupa angka misalnya 1501863435031147, dan kode Rahasia aplikasi (Application Secret) biasanya seperti ini 63e4d230336c26ergbd98099da76f91f
  10. Paste Kode tersebut di kotak yang disiapkan sebelumnya pada setting plugin
  11. Centang semua bagian ini : Include Facebook JavaScript SDK, Include Facebook FBML reference,  Include OpenGraph reference, Include OpenGraph meta information, Include Facebook comments on blog, Hide WordPress comments, Email me whenever a comment is posted, Display the Facebook comments title (set angka 10). Dan untuk yang selain di atas, tdk usah dicentang
  12. Klik Update option.
  13. Selesai dan hasilnya akan seperti apa yang anda lihat DISINI. dan jangan lupa tinggalkan komentar diblog saya ini.
Sekian dulu bagi-bagi tutorial nya. Lain kali akan saya bagikan tips yang lebih bermanfaat lagi. Oh ya,, salam kenal buat yang pertama kali nyasar di blog saya.