Saturday, November 20, 2010

Eagen Values OR Eigen Value Pilih Mana?

Sebenarnya apa sih yang mau saya dijelaskan kok menggunakan judul eagen values or eigen value ?? Saya disini hanya ingin sharing kepada teman-teman semua. Tadi malam saya diberi tugas oleh princes ku tersayang untuk mencarikan tugas tentang ragen values. Setelah saya cari di mbah google.com dengan menggunakan keyword eagen values hhmmmmm.... hasilnya kok jadi seperti ini..

Kayaknya kurang relefan dengan tugas, aku cari lagi dan bertemu dengan artikel yang berjudul eigen value. Beberapa menit saya mebaca dan menyimpulkan isi dari artikel tersebut. Nahh...ini dia kesimpulan dari beberapa artikel yang saya baca. Eigen Value adalah istilah yang digunakan pada aljabar linier, persamaan diferensial linear, matriks linear, dan transformasi linear. Intinya semuanya serba linear, karena eigen value lebih banyak digunakan dalam mencari solusi umum dan solusi khusus, pengujian serta pembuktian linearitas dari suatu matriks atau persamaan. Eigen value, selain digunakan untuk hal tersebut, juga digunakan dalam transformasi, karakterisasi, hingga faktorisasi matriks.

Hasil Pencarian Eagen Values

Persamaan Eigen Value cukup sederhana, yaitu Ax = Aλ, di mana A adalah matriks atau suatu persamaan, x adalah eigen vector yang tidak boleh nol, dan λ adalah eigen value yang merupakan besaran skalar. Dalam ilmu fisika dan matematika sederhana, besaran vector dan skalar memiliki definisi yang berbeda sehingga jika persamaan di atas terpenuhi, maka dapat dikatakan bahwa persamaan atau matriks tersebut adalah linear. Persamaan yang dapat diuji di sini dapat berupa persamaan biasa hingga persamaan diferensial linear dengan ordo sebanyak n.

Hasil Pencarian Eigen Value

Aplikasi persamaan ini ada di banyak tempat, namun yang paling banyak saya pelajari di kampus adalah aplikasi di proses industri dan ilmu teknik, misalnya proses pencampuran fluida dalam banyak tangki yang dilakukan secara kontinu hingga menghasilkan campuran yang homogen setiap saat. Selain itu, eigen value juga digunakan di analisis vibrasi pada kantilever, perhitungan glasial pada ilmu geologi, dan lain sebagainya. Eigen value juga banyak digunakan di ilmu manajemen dan ekonomi, misalnya analisis faktor pada kurva statistika. 

Eigen value ada di matematika aplikasi dan matematika teknik. Pada ilmu teknik, matematika teknik adalah ilmu yang amat mendasar dan menjadi pondasi perhitungan berbagai macam penerapan ilmu teknik. Di luar ilmu teknik, misalnya pada ekonomi dan manajemen, ada matematika aplikasi, matematika ekonomi, matematika aktuaria, statistika, dsb.

Pada artikel berikutnya akan saya bahas mengenai eigen vector. ahhh... gak jadi, langsung dijelaskan disini saja. Pada intinya eigen vector mempunyai fungsi yang sama seperti eigen value yaitu menyelesaikan persoalan yang serba linier linier.Pokoknya fungsi dari eigen vector sama persis dengan eigen value.